AROMA KARSA: Catatan Untuk Calon Petualang Digital

Menyeberang menuju kebiasaan baru bukanlah hal yang nyaman bagi banyak orang. Terkadang pengalaman transisi itu tidak selalu mulus. Dibutuhkan waktu dan penyesuaian untuk akhirnya kita bisa merangkul dengan nyaman sebuah kebiasaan baru, pengalaman baru.

 

Saya akan mengawali artikel ini dengan pertama kali menjawab pertanyaan yang paling mendasar: mengapa saya memilih menerbitkan Aroma Karsa, sebuah naskah fresh, secara digital terlebih dahulu?

 

Bagi kamu yang besar di era ’80-‘90an, ketika media sosial belum ada dan kita sangat bergantung pada media cetak untuk menyalurkan karya kreatif, kamu pasti tidak asing dengan “cerita bersambung” alias cerbung.

 

Seminggu sekali, kamu akan menanti majalah yang memuat cerbung yang kamu ikuti, membacanya, dan selama seminggu ke depan kamu akan kembali dibuat gemas menanti apa yang terjadi berikutnya. Format serial adalah cara penceritaan yang lazim dan marak sampai hari ini. Cerbung terjadi di koran harian, terjadi di komik, terjadi di novel, terjadi di televisi dalam bentuk opera sabun dan serial teve, dan terjadi juga di film.

 

It’s no surprise I created the Supernova series. Saya adalah penggemar serial sejak kecil. Saya menyadari betul pengaruhnya kepada alam kreativitas saya. Bahkan, Perahu Kertas dirancang dan diterbitkan pertama kali (secara digital) juga dengan mindset cerbung.

 

Saat ini, ketika terjadi pergeseran teknologi yang mengubah hidup dan kebiasaan kita, medium untuk cerbung tidak sama seperti dulu. Saya dihadapkan pada kenyataan bahwa platform digital adalah opsi paling ideal jika hendak berkarya dalam bentuk bersambung.

 

Apakah kemudian saya abai dengan yang cetak ketika saya memutuskan menerbitkan digitalnya duluan? Tentu tidak. Saya paham segala romantisme, pengalaman taktil, dan kemudahan yang didapat dengan membaca buku cetak. Tetapi, bayangkan jika saya harus mencetak 18 bagian terpisah-pisah sebanyak 18 kali selama 18 minggu, upaya produksi, pemasaran, distribusi, dan komunikasi ke pembaca akan lebih ribet lagi.

 

Kedua, jika versi cetak keluar berbarengan dengan versi digital dan dihadirkan sebagai pilihan yang sama rata, lenyaplah kesempatan untuk saya menghidupkan sensasi cerbung karena sudah tidak dimungkinkan lagi begitu cerita utuhnya tersedia. Artinya pula, pengalaman bersambung ini bisa dibilang eksklusif, karena hanya akan terjadi satu kali saja dalam waktu terbatas.

 

Sejak awal saya tidak ingin membuat dikotomi antara pembaca cetak dan digital. Dua medium itu menghadirkan pengalaman berbeda, masing-masing dengan kelebihan dan kekurangannya. Saya melihat masih ada jalur ketiga, yakni integrasi keduanya.

 

Untuk itu, baik Bookslife—penerbit Aroma Karsa digital, maupun Bentang Pustaka—penerbit Aroma Karsa cetak, bekerja sama untuk memberikan keuntungan maksimal kepada para “Pelanggan Penuh.” Apa itu Pelanggan Penuh? Pelanggan Penuh adalah istilah yang kami gunakan untuk pembaca yang sejak awal berkomitmen untuk menyelesaikan cerbung Aroma Karsa digital dengan cara berlangganan.

 

Agar kamu tahu benar pilihan apa saja yang tersedia untuk membaca Aroma Karsa, saya akan mengurainya dengan rinci. Ada tiga pilihan saat ini:

 

Pembaca Cetak Saja

  1. Kemudahan pembelian di jalur-jalur konvensional yang sudah kamu kenal baik.
  2. Kemudahan membaca tanpa perangkat maupun aplikasi apa pun.
  3. Kesempatan untuk ikut PO ber-TTD dengan jumlah terbatas (first come first served).
  4. Ada buku fisik yang bisa dibubuhi TTD penulisnya.
  5. Harga lebih mahal, di atas Rp 110.000.
  6. Menunggu hingga Maret 2018.

 

Pembaca Digital Satuan:

  1. Membaca lebih awal ketimbang pembaca cetak.
  2. Pengalaman seru mengikuti cerbung.
  3. Harga lebih murah ketimbang cetak.
  4. Ekonomis dan bisa dicicil, hanya Rp 5000/part (x18 part = Rp 90.000).

 

Pembaca Digital Berlangganan / Pelanggan Penuh:

  1. Membaca lebih awal ketimbang pembaca cetak.
  2. Pengalaman seru mengikuti cerbung.
  3. Harga lebih murah ketimbang pembaca cetak maupun pembaca digital satuan (Rp 77.000 all in!)
  4. Kesempatan bergabung dengan digital tribe Aroma Karsa, sebuah grup online tertutup di Facebook, tempat kamu bisa berbagi pengalaman dengan sesama pembaca Aroma Karsa digital. And, guess what? Saya akan ada di dalamnya. Menemani perjalanan kalian mengikuti petualangan di Aroma Karsa.


DAN kamu masih mendapat keuntungan lain yang berlanjut bila kamu memutuskan membeli buku cetaknya kelak:

 

  1. Pre-Order (PO) buku cetak edisi ber-TTD selalu terbatas stoknya. Ketika kamu berminat membeli versi cetaknya dan ikut PO ke @mizanstore, kamu dipastikan tidak akan kehabisan edisi ber-TTD. We’ll reserve it for you! Garansi ini tidak diberikan kepada pembeli buku cetak yang bukan Pelanggan Penuh.
  2. Voucher diskon 20% untuk pembelian Aroma Karsa cetak ke @mizanstore. Voucher tersebut juga berlaku untuk semua judul buku saya dan berlaku untuk satu kali transaksi.
  3. Priority Pass untuk menghadiri satu kali acara offline Aroma Karsa yang jadwal dan lokasinya akan diinformasikan dari waktu ke waktu. Acara tersebut berkisar mulai dari book signing, talkshow, sampai launching, yang diselenggarakan oleh Bentang Pustaka sepanjang periode promo Aroma Karsa. Priority Pass ini khusus diberikan kepada Pelanggan Penuh yang membeli Aroma Karsa lewat PO @mizanstore.

 

Manfaat Pelanggan Penuh di atas hanya bisa kamu peroleh sebelum Aroma Karsa digital mulai terbit, yakni tanggal 18 Januari. Kamu yang berlangganan penuh pada tanggal 18 Januari dan setelahnya, akan mendapatkan manfaat yang tidak selengkap penawaran saat ini.

 

Having all that laid out, rasanya sudah jelas pilihan mana yang paling menguntungkan. Bagi saya, Aroma Karsa digital esensinya bukan sekadar produk, melainkan pengalaman. Dan, untuk kamu yang sudah “memberanikan diri” untuk mencoba sesuatu yang baru, di luar dari zona nyamanmu, saya rasa pemberian manfaat maksimal itu sangatlah layak.

 

Tersisa hanya DUA hari lagi untukmu mendapatkan manfaat maksimal sebagai Pelanggan Penuh pre-sale Aroma Karsa. When you’re ready and set, klik link ini. Jangan lupa baca FAQ tentang tata cara pembelian Aroma Karsa di sini.

 

Sampai berjumpa dalam petualangan Aroma Karsa!

Tags:

13 Comments

  • A.S. Rosyid

    15.02.2018 at 15:26 Balas

    Saya menunggu versi cetaknya, Mbak. Pengalaman saya, bila membaca karya Mbak Dee, tanpa dicerbungkan pun, dada saya selalu sesak luar biasa 😉😁

  • wahyuindah

    03.02.2018 at 20:26 Balas

    Aduh…. susah mbak. Lebih suka yang versi bukunya saya. karya mbak dee saya suka semua. saya rela nunggu deh buat bisa baca.

  • Yuliana

    17.01.2018 at 21:05 Balas

    Pengalaman pertama saya membaca cerbung lwt platform digital..can’t wait💜❤️👏

  • Nitria N

    17.01.2018 at 11:32 Balas

    Ini ya perjuangan nya demi apaaaaa T_T untung dapet. Can’t wait for tommorrow !

  • Indah H. A. Pakpahan

    17.01.2018 at 08:39 Balas

    Hai kak dee! Saya agak kesulitan untuk login di bookslife versi app android. Saya sudah registrasi lewat website dan ketika mau login di app malah invalid email. Mau register ulang juga nggak bisa. Padahal saya sudah berlanggganan penuh aroma karsa. Apakah memang hanya bisa dibuka lewat website? Terimakasih

    • Dee Lestari

      17.01.2018 at 10:57 Balas

      Untuk kendala teknis bisa kontak Bookslife di WA, ya. Ke 0856-9107-1258. Setahu saya App-nya memang belum live sepenuhnya. Nantinya bisa dibuka lewat App, kok.

  • Bubu Putu

    17.01.2018 at 08:18 Balas

    Sudah beliiii…. My first ever digital book. Tinggal tunggu besok. 😻 Thank you for the priviliged experience for this 40 yo fans of yours!

    • Dee Lestari

      17.01.2018 at 10:56 Balas

      You’re most welcome! Terima kasih sudah bergabung.

  • Fransiska L Kerong

    16.01.2018 at 15:09 Balas

    Alhamdulillah sudah mbak. Maafkan kepanikan sy karena takut ketinggalan aroma karsa hihihi. Terima kasih mbak

  • Fransiska L Kerong

    16.01.2018 at 14:00 Balas

    Selamat siang mbak.
    Sy mau tanya kenapa FB sy belum masuk dlm group. Saya sudah membalas email undangan dan mengisi dengan data2 yang diminta. Terima kasih

    • Dee Lestari

      16.01.2018 at 14:02 Balas

      Sudah dicek ke Spam? Sudah dipastikan email yang didaftarkan sama dengan yang terhubung ke FB? Bisa drop message ke Bookslife di FB Aroma Karsa ya untuk bisa kontak lgs ke CS-nya.

Post a Comment